Dalia Mogahed, Direktur Pusat Kajian Muslim Gallup Poll

Tinggalkan komentar

Minggu, 26 Oktober 2008 oleh Billy Soemawisastra


Tidak lengkap rasanya, mengurai panjang lebar sosok John L. Esposito, tanpa menyinggung sedikit pun Dalia Mogahed. Muslimah kelahiran Kairo, Mesir, yang tinggal dan dibesarkan di Amerika Serikat itu, adalah analis senior dan direktur Center for Muslim Studies, Gallup World Poll. Bersama John L. Esposito, Dalia Mogahed menyusun buku Who Speaks for Islam?: What a Billion Muslims Really Think. Buku berisi hasil survey Gallup Poll tentang pendapat kaum Muslim di seluruh dunia mengenai masalah-masalah kekinian.

Selain buku tersebut, Dalia Mogahed juga rajin mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya pada berbagai jurnal internasional. Seperti Wall Street Journal, Foreign Policy Magazine, Harvard International Review, The Journal of Middle East Policy, dan berbagai penerbitan popular dan ilmiah lainnya. Juga sering tampil di layar kaca, melalui stasiun TV Al-Jazeera.

Sebagai direktur Pusat Kajian Muslim, ia bertugas memimpin berbagai penelitian terhadap satu milyar lebih kaum Muslim yang tinggal di sejumlah negara, termasuk negara-negara Barat. Ia juga memimpin Muslim-West Facts Initiative, sebuah lembaga lainnya di bawah naungan Gallup World Poll dan The Coexist Foundation, yang bertujuan menjembatani saling pengertian antara para pembuat kebijakan di dunia Islam dan Barat.

Untuk itu ia pun berkeliling dunia guna berdiskusi dengan tokoh-tokoh pembuat kebijakan di berbagai belahan bumi. Ia melakukan audiensi dengan The United Nations Alliance of Civilizations, The World Economic Forum of 100 Leaders, The Brooking US-Islamic World Forum, parlemen Inggris, para senator Amerika Serikat, dan para pemuka berbagai agama.

Tokoh-tokoh terkenal yang pernah diajaknya berdiskusi cukup beragam. Di antaranya termasuk Quincy Jones, Madeleine Albright, Stephen Covey, Deepak Chopra, Jeffery Sachs, pemenang hadiah nobel Danny Kahneman, pemuka Evangelis Richard Land, Karen Armstrong, Sheikh Habib Ali Al-Jufri, Sheikh Hamza Yusuf, Ratu Rania dari Yordania, dan Mufti Agung Dr. Ali Gomaa dan Dr. Mustafa Ceric, tokoh Sunni dari Mesir dan Bosnia.

Dalia Mogahed memperoleh gelar master di bidang business administration dari Joseph M. Katz Graduate Shool of Business, Universitas Pittsburgh. Setelah sebelumnya memperoleh undergraduate degree untuk bidang chemical engineering di universitas yang sama. Sebelum bergabung dengan Gallup Poll, Dalia Mogahed pernah bekerja sebagai marketing products researcher, di perusahaan Protect & Gamble. Kini ia tinggal di Washington DC, bersama suaminya, Mohamed, dan dua puteranya, Tariq dan Jibreel.

Gallup Poll, tempat Dalia Mogahed bekerja, merupakan lembaga survey paling tua dan paling disegani di dunia. Didirikan pada tahun 1935, Gallup Poll telah melakukan berbagai penelitian di seputar masalah-masalah kemanusiaan, politik, ekonomi, kebudayaan, hukum, hubungan internasional dan kesejahteraan masyarakat dunia. Data-datanya digunakan oleh pelbagai pemerintahan di sejumlah negara, para penegak hukum, pelaku bisnis dan kaum akademis.

Billy Soemawisastra

[Sumber tulisan: www.gallup.com, www.onenationforall.org, www.muslimwesfacts.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kuncen Jagat Alit

Rubrikasi

Pustaka Gagasan

Sekedar Maklumat

Tidak ada larangan untuk mengutip berbagai tulisan yang termaktub di Jagat Alit, baik secara keseluruhan maupun sebagian. Tetapi mohon cantumkan nama penulisnya dan sebutkan nama situsnya: jagatalit.com. Kejujuran Anda, sangat kami hargai.

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: